Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Praktis Membuat Cilok Sederhana

loading...

Membuat Cilok Sederhana

Resep Praktis Membuat Cilok Sederhana - Sudah sekian kali kita menikmati makanan sederhana. Banyak sekali aneka makanan yang bisa kita pilih. Kali ini kita bahas mengenai cilok. Banyak yang telah meyukai cilok itu. Kalau dibahas mengenai bahan dasarnya, cilok ini terbuat dari tepung kanji, tepung terigu serta aneka bumbu yang pas. Sering dinikmati bersama saus tomat atau bumbu kacang. Enakk deh rasanya. Ngomong-ngomong tentang cilok ini, ternyata asli berasal dari dalam negeri. Tepatnya dari sebuah provinsi yang namanya Jawa Barat.  Sering pula disebut sebagai masakan sunda. Bentuknya mirip sekali dengan bakso yang sering juga kita nikmati. Cuma bentuknya kecil-kecil. Dari namanya cilok ini berasal dari kata aci dan dicolok. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda namanya aci, dan terus biasanya dihidangkan dengan cara dicolok. Jadi, ada selalu arti dari sebuah nama juga ya ternyata.

Umum sekali kita temui di tempat seperti sekolah dan tempat berkumpulnya banyak orang ada saja para penjual cilok. Jajanan ini memang banyak digemari anak sekolah, meski para orang tua pun tak sedikit yang menyukainya. Dalam proses pembuatannya tidaklah susah. Mudah dan praktis aja, lah. Memang kalo beli ke abang yang jualan cilok harganya tidaklah mahal, murah meriah. Tetapi, lebih mantapnya kalo kita bisa bikin sendiri di rumah. Kita lihat aja uraian resepnya berikut ini :

Bahan yang perlu dipersiapkan :
  • 200 gram tepung terigu
  • 200 gram tepung kanji
  • 400 ml air, jika nanti airnya kurang bisa anda tambahkan (catatan : penambahan air jika adonan masih belum bisa dibentuk)
  • 2 batang daun bawang iris halus
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 1 sendok teh kaldu ayam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • air untuk merebus cilok
  • 1 sendok teh garam



Bahan saus kacang (saus kacang membuat terasa lengkap rasa dari cilok) :
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 150 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
  • garam seperlunya
  • air secukupnya
  • 1 sendok teh cuka



Cara Membuat saus kacang :
Campur kacang tanah yang tentunya sudah dihaluskan dengan cuka, garam, gula dan air. Lalau kita panaskan hingga mendidih dan mengental.Jika ingin sambal kacang pedas, tambahkan dan campurkan cabai yang dihaluskan dan diaduk aduk kembali.


Cara membuat cilok sederhana enak :
  1. Langkah pertama, campurkanlah tepung terigu dan juga kanji ayak dan aduk hingga merata.
  2. Tambahkan bawang putih dan juga daun bawang aduk aduk lagi hingga rata. Sisihkan.
  3. Kemudian kita panaskan air sebanyak 400 ml, masukkan kaldu bubuk, merica bubuk dan garam masak hingga mendidih.
  4. Masukkan campuran air tersebut dalam campuran tepung terigu sedikit demi sedikit.
  5. Selanjutnya, uleni hingga adonan dapat terbentuk. Jika adonan belum bisa dibentuk tambahkan air secukupnya sampai adonan dapat dibentuk.
  6. Kemudian ambil sedikit adonan kemudian bentuk bulat bulat, lakukan hingga adonan habis.
  7. Terus panaskanlah air utnuk merebus cilok, masukkan cilok kedalam air yang sudah mendidih. Jika cilok mengapung, tandanya cilok sudah matang. Angkat terus tiriskanlah.
  8. Yang terakhir, sajikan cilok dengan saus kacang spesial sehingga rasanya menjadienak dan lezat.


Nah, mudah dan tidaklah sulit kan kita membuatnya. Langsung aja kita praktekkan resepnya ya. Mantap deh. Untuk yang memiliki jiwa entreprenour atau wira usaha, maka menjadi peluang usaha juga dari penjual cilok ini. Meski sepertinya sederhana, tetapi tingkat keuntungan dari bisnis sepert ini masih sangat menjanjikan. Modalnya sedikit tetapi pendapatannya cukup lumayan.


loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Praktis Membuat Cilok Sederhana